Sikap Apple Terhadap Gagasan Laptop Layar Sentuh Pertamanya

13 January 2023

Sikap Apple Terhadap Gagasan Laptop Layar Sentuh Pertamanya

Gempuran laptop layar sentuh membuat Apple bekerja ekstra untuk menambahkan fitur tersebut.

Ditengah gempuran bertebarannya laptop yang sudah layar sentuh, Apple kini tengah bekerja ekstra untuk menambahkan fitur tersebut ke dalam produk mereka. Hal ini seperti menentang ortodoksi perusahaan yang telah lama dipegang di mana pendirinya, Steve Jobs mengedepankan nilai ergonomisnya.

Dilansir dari Bloomberg, insinyur Apple kini secara aktif terlibat dalam proyek realisasi fitur layar sentuh pada produk Mac untuk pertama kalinya. Namun, sampai saat ini belum diputuskan perihal kapan peluncurannya dan kemungkinan perubahan rencana pun bisa terjadi.

Bukan tidak diabaikan, Apple pun merasa tekanan cukup besar dari banyaknya produk laptop layar sentuh yang diproduksi oleh rival mereka. Selain itu, kebangkitan produk Apple, Mac dalam beberapa tahun belakangan menghasilkan uang jauh lebih besar ketimbang iPad (dengan fitur layar sentuhnya) sehingga membuat perusahaan ini ingin mempertahankan hal tersebut.

Berdasarkan pertimbangan internal sendiri, kemungkinan besar peluncuran Mac layar sentuh pertama akan dilakukan pada tahun 2025 sebagai bentuk pembaruan terhadap MacBook Pro. Tantangan yang dihadapi Apple saat ini adalah bagaimana MacBook Pro layar sentuh pertama nantinya bisa mempertahankan desain laptop tradisional mereka, termasuk trackpad dan keyboard standar.

Sebagai bagian dari rencana perombakan pada MacBook Pro, Apple juga berencana untuk memindahkan layarnya ke teknologi dioda pemancar cahaya organik, atau yang dikenal dengan OLED. Saat ini, Apple menggunakan LCD dalam Mac nya sedangkan OLED sudah diterapkan pada iPhone, iPad Pro, dan Apple watch. Kelebihan dari teknologi layar OLED sendiri menawarkan pengalaman tingkat kecerahan dan warna yang lebih baik.

Jika gagasan ini terealisasi pada produk Mac maka akan menjadi perubahan yang signifikan. Hal itu karena Steve Jobs pernah mengatakan bahwa gagasan layar sentuh pada pengguna komputer di mana layarnya berposisi tegak (vertikal) itu tidak berhasil.

Penerus Steve Jobs sebagai CEO, Tim Cook, mempertahankan sikap itu dalam beberapa tahun terakhir. Namun, mungkin akan ada manuver yang berlawanan dengan sikap tersebut seperti masa di mana Steve Jobs mengatakan bahwa iPhone dan iPad tidak akan ia jadikan fokus, tetapi malah menjadi sumber pemasukan utama dalam bisnis ini.

Saat ini, pesaing laptop Apple, termasuk Dell Technologies Inc., HP Inc., Microsoft, Lenovo Group Ltd., Samsung Electronics Co. dan Acer Inc., telah maju dengan meluncurkan laptop layar sentuh. Hanya Apple satu-satunya produsen komputer yang tidak menawarkan produk semacam itu.

Sebagai salah satu langkah awalnya setelah bertahun-tahun beberapa pelanggan Apple meminta untuk adanya Mac dengan layar sentuh, akhirnya perusahaan melakukan upaya dengan meluncurkan touch bar pada 2016. Strip virtual pada keyboard yang mengontrol banyak fungsi tersebut pun dinilai tidak berguna karena membingungkan konsumen.

Bagaimana kelanjutan dari pengembangan teknologi ini kita simak saja kedepannya. Serupa dengan Apple, GlobalXtreme sebagai perusahaan jasa layanan koneksi Internet no. 1 di Bali juga terus mengembangkan teknologi dan pelayanan untuk kepuasan dan kebutuhan pelanggan. Kami memberikan layanan terbaik kepada pelanggan melalui jaringan infrastruktur yang memadai, teknisi berpengalaman, dan layanan customer service 24/7. Penawaran layanan Internet mulai dari 300.000 rupiah dengan kecepatan 75 Mbps sampai 1 Gbps (Dedicated Link) dan untuk info lebih lanjut hubungi (0361) 736-811.

Other Article